Jumat, 04 Oktober 2013

Prinsip Dasar KIE

Prinsip yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan KIE adalah :
                                 1.         Materi KIE haruslah bermutu, artinya: materi KIE selalu didasari pada informasi ilmiah terbaru, kebenaran materi harus dapat dipertanggungjawabkan, jujur serta seimbang, sesuai dengan media dan jalur yang dipergunakan untuk menyampaikannya, jelas dan terarah pada kelompok sasaran secara tajam, tepat guna dan sasaran. Untuk itu petugas perlu menggali informasi yang lengkap tentang kelompok sasaran agar kegiatan KIE dan penyampaian materi benar-benar tepat guna, tepat sasaran dan mencapai tujuan yang diinginkan (Depkes, 2008).
                                 2.         Efektif, kegiatan KIE yang efektif akan memberikan hasil sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pesan-pesan KIE harus berisi informasi yang jelas tentang tujuan apa yang diharapkan  dan akan mampu dilakuakan oleh sasaran (Depkes, 2008).

                                 3.         Menyenangkan, perkembangan terakhir menunjukan bahwa kegiatan KIE paling berhasil jika dilaksanakan dengan cara penyampaian yang kreatif dan inovatif sehingga membuat kelompok sasaran merasa senang dan terhibur. Penyampaian yang kreatif dan inovatif ini dilakuakn melalui pendekatan pendidikan yang menghibur (edu-tainment) yang merupakan kombinasi dari education (pendidikan) dan entertainment (hiburan) dimana kelompok sasaran diajak berfikir melalui rangsangan rasional sehingga mendapat informasi yang bermanfaat sekaligus diberi rangsangan emosional berupa hiburan menarik yang membuat mereka senang. Bentuk-bentuk edu-tainment yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan KIE antara lain berupa dongeng, humor, lagu, drama, komik, lomba, kuis, dll (Depkes, 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar