Sabtu, 05 Oktober 2013

Pengaruh Senam Otak Terhadap Kemampuan Kognitif Lansia

Kusumoputro (2006) menjelaskan bahwa fungsi otak dapat dirinci dan dipilah-pilah. Otak belahan kiri mempunyai fungsi yang berbeda dengan otak belahan kanan. Otak belahan kiri tugasnya lebih pada pusat kemampuan baca, tulis, hitung, yang logis analistis. Sedangkan belahan kanan pada pemantauan dan perlindungan diri terhadap lingkungan, sosialisasi, spiritual, musik, kesenian, peribahasa, dan emosi. Jadi setiap belahan otak mempunyai spesialisasi untuk melaksanakan tugas spesifik. Kedua belahan saling berkonsultasi dan bekerjasama. Aktivitas dua belahan otak itu dikoordinasi secara fisiologis melalui korpus kalosum atau jembatan emas. Melalui serabut saraf jembatan emas inilah stimulus dari kedua belahan berlalu lalang sehingga memungkinkan orang menggunakan kedua belahan secara bergantian serta komplementer, menurut situasi dan kondisi tertentu. Mekanisme ini yang kemudian memungkinkan penggunaan otak secara keseluruhan.
Dennison (2002), menjelaskan pengaruh senam otak terhadap kemampuan otak, termasuk aspek kognitif. Gerakan pada senam otak dibuat guna menstimulasi (dimensi lateralis), meringankan  (dimensi pemfokusan), atau merelaksasi (dimensi pemusatan) dalam situasi belajar tertentu, mengingat otak manusia sebagaimana hologram, terdiri dari tiga dimensi dengan bagian-bagian yang saling berhubungan sebagai satu kesatuan. Itu sebabnya, bayi atau balita secara global dapat menangkap dunia orang dewasa dan menciptakannya menjadi dunia baru lagi. Pelajaran lebih mudah diterima bila mengaktifkan sejumlah panca indra daripada hanya diberikan secara abstrak saja. Akan tetapi, otak manusia juga spesifik tugasnya, yang untuk aplikasi senam otak dipakai istilah dimensi lateralitas untuk belahan otak kiri dan kanan, dimensi pemfokusan untuk bagian belakang otak (batang otak atau brainstem) dan bagian depan otak (frontal lobus), serta dimensi pemusatan untuk sistem limbis (midbrain)  dan otak besar (cerebral cortex ).
Lateralis (sisi) tubuh manusia dibagi dalam sisi kiri dan sisi kanan. Sifat ini memungkinkan dominasi salah satu sisi misalnya menulis dengan tangan kanan atau kiri, dan juga untuk integrasi kedua sisi tubuh (bilateral intergration),  yaitu untuk menyeberangi garis tengah tubuh untuk bekerja di bidang tengah. Bila keterampilan ini sudah dikuasai, orang akan mampu memproses kode linear, simbol tertulis (mis. tulisan) dengan dua belahan otak dari kedua jurusan: kiri ke kanan atau kanan ke kiri, yang merupakan dasar kesuksesan akademik. Ketidakmampuan untuk menyeberangi garis tengah mengakibatkan apa yang disebut ketidakmampuan belajar (learning disabled) atau disleksia gerakan-gerakan yang menstimulasi  koordinasi kedua belahan otak dan integrasi dua sisi/bilateral (Dennison, 2002).     
Fokus adalah kemampuan menyeberangi garis tengah partisipasi yang memisahkan bagian belakang dan depan tubuh, dan juga bagian belakang (occipital) dan depan otak (frontal lobe). Garis tengah partisipasi adalah garis bayangan vertikal di tengah tubuh (dilihat dari samping); tergantung partisipasi batin pada suatu kegiatan apakah seorang berada di depan atau belakang garis tersebut. Ketidaklengkapan perkembangan refleks menghasilkan ketidakmampuan untuk secara mudah mengekpresikan diri sendiri dan ikut aktif dalam proses belajar untuk yang mengalami fokus kurang (underfocused) disebut kurang perhatian, kurang pengertian, terlambat bicara, atau hiperaktif. Sementara, sebagian lain adalah yang terlalu mengalami fokus-lebih (overfocused) dan berusaha terlalu keras. Gerakan yang membantu melepaskan hambatan fokus adalah aktivitas integrasi depan/belakang (Dennison, 2002).     
Pemusatan adalah kemampuan untuk menyeberangi garis pisah antara bagian atas dan bawah tubuh dan mengaitkan fungsi dari bagian atas dan bawah otak: bagian tengah sistem limbis (mid-brain) yang berhubungan dengan informasi emosional serta otak besar (cerebrum) untuk berpikir yang abstrak. Apa yang dipelajari benar-benar harus dapat dihubungkan dengan perasaan dan memberi arti. Ketidakmampuan untuk mempertahankan pemusatan ditandai oleh ketakutan yang tidak beralasan, cenderung bereaksi berjuang atau melarikan diri, atau ketidakmampuan untuk merasakan atau menyatakan emosi. Gerakan yang membuat sistem badan menjadi relaks dan membantu menyiapkan kemampuan untuk mengolah informasi tanpa pengaruh emosi negatif disebut pemusatan atau bertumpu pada dasar yang kokoh (Dennison, 2002). 

1 komentar:

  1. Trim Artikelnya sangat membantu..
    dan untuk gerakan senam lansia ini ada berapa macam...
    kalau ada yang mau cari baju senam bisa langsung mampir ke baju senam wanita disana lengkap dan tinggal pilih saja ...
    Moga bisa membantu untuk anda ...

    BalasHapus