Jumat, 04 Oktober 2013

5 langkah perencanaan KIE

Menurut Arum (2009), proses KIE memiliki beberapa tahapan perencanaan, yaitu:
                      a.         Menentukan Tujuan
Agar tujuan KIE dapat dicapai dan dijalankan sesuai dengan apa yang diinginkan, maka tujuan harus dibuat dengan persyaratan: specific, measurable, appropriate, reasonable, time bound.
                     b.         Menentukan sasaran KIE
Sasaran KIE tidak selalu sama, oleh karena itu harus menetapkan sasaran langsung dan tidak langsung. Menurut Hartanto (2004), sasaran KIE dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu: KIE massa, KIE kelompok, dan KIE perorangan.
                      c.         Menentukan isi KIE
Isi yang disampaikan harus dibuat sesederhana mungkin sehingga mudah dipahami oleh sasaran. Bila perlu isi pesan dibuat dengan menggunakan gambar dan bahasa setempat sehingga sasaran  merasa bahwa pesan tersebut memang benar-benar ditujukan kepadanya yang sebagai akibatnya sasaran dapat mencapai tujuan yang kita inginkan.
                     d.         Menentukan metode
Dalam menentukan metode, harus mempertimbangkan aspek yang dicapai. Bila hanya mencakup aspek pengetahuan, maka dapat dilakukan cukup dengan poster, spanduk, penyebaran leaflet. Untuk aspek sikap maupun motivasi maka perlu memberikan contoh yang lebih konkret yang dapat menggugah emosi, perasaan dan sikap sasaran, misalnya memperlihatkan slide, atau melalui pemutaran film atau video.
                      e.         Menentukan Media
Teori pendidikan mengatakan bahwa belajar yang paling mudah adalah dengan menggunakan media, oleh karena itu hampir semua program pendidikan kesehatan selalu menggunakan berbagai media. Media yang digunakan harus tergantung dari jenis sasarannya, tingkat pendidikan sasaran, aspek yang ingin dicapai, metode yang digunakan dan sumber daya yang ada. Menurut Hartanto (2004), berdasarkan media yang digunakan, kegiatan KIE dapat diperinci sebagai berikut: melalui radio, televisi, mobil unit penerangan, surat kabar, film, slide, dsb.
                      f.          Menyusun rencana evaluasi
Disini harus dijabarkan tentang kapan evaluasi akan dilaksanakan, kelompok sasaran yang mana akan dievaluasi, dan siapa yang akan mengevaluasi.


                     g.         Menyusun jadwal pelaksanaan

Merupakan penjabaran waktu, tempat dan pelaksanaan yang biasanya disajikan dalam bentuk gan chart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar