Jumat, 04 Oktober 2013

KIE (Komunikasi, Edukasi, dan Informasi)

Menurut Sheilla (2006) dalam Erfandi (2008), KIE  adalah kegiatan percakapan tatap muka dua arah antara klien dengan petugas yang bertujuan memberikan bantuan mengenai berbagai hal yang ada kaitannya dengan kesehatan, sehingga akhirnya klien mampu mengambil keputusan sendiri mengenai apa yang terbaik bagi dirinya.
Menurut Saifuddin (2001) dalam Erfandi (2008), KIE adalah proses pemberian informasi obyektif dan lengkap, dilakukan secara sistematik dengan paduan keterampilan komunikasi interpersonal, teknik bimbingan dan penguasaan pengetahuan klinik bertujuan untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini, masalah yang sedang dihadapi dan menentukan jalan keluar/ upaya untuk mengatasi masalah tersebut.
Untuk mencegah suatu penyakit hal pertama yang dapat dilakukan adalah melalui penyuluhan. Dalam hal ini penyuluhan yang dilakukan dapat berupa KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi). Disini sistem pendidikannya lebih sistematis, yakni dimulai dengan komunikasi, dilanjutkan dengan informasi, akhirnya edukasi. Istilah ini sering digunakan pada kegiatan kependudukan dan keluarga berencana (Machfoedz, 2007).
Tujuan dilaksanakannya program KIE, yaitu untuk mendorong terjadinya proses perubahan perilaku kearah yang positif, peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik masyarakat (klien) secara wajar sehingga masyarakat melaksanakannya secara mantap sebagai perilaku yang sehat dan bertanggung jawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar