Jumat, 04 Oktober 2013

Edukasi

Konsep dasar pendidikan adalah suatu proses belajar yang berarti di dalam pendidikan itu terjadi proses pertumbuhan, perkembangan, atau perubahan kearah yang lebih dewasa, lebih baik, dan lebih matang pada individu, kelompok, atau masyarakat (Notoatmodjo, 2003).
Menurut Notoatmodjo (2005), pendidikan adalah upaya persuasi atau pembelajaran pada masyarakat agar masyarakat mau melakukan tindakan-tindakan (praktik) untuk memelihara (mengatasi masalah-masalah), dan meningkatkan kesehatannya. Perubahan atau tindakan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang dihasilkan oleh pendidikan kesehatan ini didasarkan kepada pengetahuan dan kesadarannya melalui proses pembelajaran. Sehingga perilaku tersebut diharapkan akan berlangsung lama (long lasting) dan menetap, karena didasari oleh kesadaran.
                      a.      Proses Pendidikan
Menurut Notoatmodjo (2003), di dalam kegiatan belajar terdapat tiga persoalan pokok, yaitu:
1.      Masukan (input) dimana menyangkut sasaran belajar (sasaran didik) dan pendidikan.
2.      Proses adalah mekanisme dan interaksi terjadi perubahan kemampuan (perilaku) pada diri subjek belajar. Di dalam proses ini terjadi pengaruh timbal balik antara objek belajar, pengajar, metode dan tehnik belajar, dan materi atau bahan yang dipelajari.

3.      Keluaran (output) adalah hasil belajar yang berupa kemampuan atau perubahan perilaku dari subjek belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar