Konsep dasar pendidikan adalah suatu proses belajar yang berarti di
dalam pendidikan itu terjadi proses pertumbuhan, perkembangan, atau perubahan
kearah yang lebih dewasa, lebih baik, dan lebih matang pada individu, kelompok,
atau masyarakat (Notoatmodjo, 2003).
Menurut
Notoatmodjo (2005), pendidikan adalah upaya persuasi atau pembelajaran pada
masyarakat agar masyarakat mau melakukan tindakan-tindakan (praktik) untuk
memelihara (mengatasi masalah-masalah), dan meningkatkan kesehatannya.
Perubahan atau tindakan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang dihasilkan
oleh pendidikan kesehatan ini didasarkan kepada pengetahuan dan kesadarannya
melalui proses pembelajaran. Sehingga perilaku tersebut diharapkan akan
berlangsung lama (long lasting) dan
menetap, karena didasari oleh kesadaran.
a.
Proses Pendidikan
Menurut
Notoatmodjo (2003), di dalam kegiatan belajar terdapat tiga persoalan pokok,
yaitu:
1.
Masukan (input) dimana menyangkut sasaran belajar (sasaran didik) dan
pendidikan.
2.
Proses adalah mekanisme dan
interaksi terjadi perubahan kemampuan (perilaku) pada diri subjek belajar. Di
dalam proses ini terjadi pengaruh timbal balik antara objek belajar, pengajar,
metode dan tehnik belajar, dan materi atau bahan yang dipelajari.
3.
Keluaran (output) adalah hasil belajar yang berupa kemampuan atau perubahan
perilaku dari subjek belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar